Berita

Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 1444 H / 2023 M

Selasa, 16 Mei 2023 14:54 WIB
  • Share this on:

Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 1444 H / 2023 M.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 1444 H pada tanggal 16 dan 18 Mei 2023 di Masjid Al-Amjad Tigaraksa, Selasa, 16/05/2023. 

Acara dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Dr. H. Nanang Fatchurochman, S.H., S.Pd., M.Pd., Kabid Haji dan Umrah Kanwil Banten H. Ahmad Bahir Gozal, S.Pd.I.,M.Pd., Asda I Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang H. Yani Sutisna, SH.,MH., Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang H. A. Baijuri, S.Pd.I., M.Si., Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH. Uwes Nawawi, seluruh Kepala Seksi Kemenag Kabupaten Tangerang.

Ibadah Haji tahun ini akan segera diselenggarakan dengan normal dan kuota penuh. Hal ini menjadi tantangan dan perhatian untuk persiapan pelayanan haji yang lebih baik dibanding tahun lalu. Dan adanya peraturan baru tentang seluruh jemaah harus melakukan perekaman Saudi Bio Visa yang terhubung langsung dengan Kerajaan Arab Saudi. Kepala Kanwil Kemenag Banten menegaskan tentang pelunasan haji dan penyelesaian perekan bio visa.

“Kabupaten Tangerang bio visanya harus selesai 100% dan jemaah harus segera melakukan pelunasan,” tegas H. Nanang.  

Terselenggaranya haji ini adalah bentuk kerjasama dan sinergi dengan seluruh pihak, Kementerian Kesehatan, Imigrasi, Kementerian Perhubungan, TNI/POLRI, Kementerian Dalam negeri dan Luar Negeri, Pemerintah Pusat dan Daerah demi pelayanan yang terbaik untuk jemaah. 

“Kementerian agama menjadi leading sektor penyelenggaraan ibadah haji tetapi juga kerjasama lembaga/instansi terkait lainnya,”tambahnya.

Menteri Agama berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk tamu Allah,  dan tahun ini mencanangkan untuk pelayanan haji ramah lansia. Kabupaten Tangerang mendapatkan kuota 132 jemaah haji lansia dari total 1.852 jemaah. Diharakan para petugas dan panitia haji agar memberikan pelayanan terbaik untuk para jemaah lansia ini sesuai dengan tagline Haji 1444 H yang “Ramah Lansia”.

“Saya titip kepada petugas agar melayani jemaah haji lansia layaknya orang tua kita, karena kuota lansia ini baru dibuka tahun ini,” ungkapnya.

Dalam kegiatan manasik haji ini para jemaah akan mendapatkan pembekalan terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji, kesehatan dan juga pembekalan untuk kelancaran seluruh rangkaian ibadah haji nantinya.